Pengenalan Komputer

PENGENALAN KOMPUTER

Kata Komputer pada dasarnya berasal dari bahasa latin yaitu computere dan bahasa Inggris to computere yang berarti menghitung.Komputer dapat didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang bekerja bersama-sama secara otomatis.Komputer juga bias menerima Suatu data (Input) dan setelah itu,Komputer melakukan pengolahan data (Proses).serta memberikan hasil akhir berupa informasi (Output).melalui sebuah perintah atau program yang diberikan kepadanya.Selanjutnya Output tersebut tersimpan dalam sebuah memori.

Komputer  tidak terlepas dari tiga komponen yang selalu terkait dengan :

  1. Brainware Yaitu user computer yang manusia mengoperasikan suatu computer tersebut.
  2. Hardware Yaitu perangkat keras dari computer Seperti : CPU ( Central Prosessing Unit ),Monitor,Keyboard,mouse,printer,disket dan beberapa perangkat keras lainnya.
  3. Sofware Yaitu Perangkat Lunak dari sebuah computer.

Kegunaan yang khusus sesuai dengan pekerjaan yang dihadapi.Yaitu Suatu Program yang dimaksud antara lain : (DOS,Novel,Windows,Linux,dll).Dan Program Aplikasi ( MYOB,GL,payroll,SPSS,dll)serta beberapa program komputer lainnya yang dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan kerja yang membutuhkan program khusus.

Cara Kerja Komputer

Berikut ini merupakan bagan-bagan yang menggambarkan cara kerja dari komponen-komponen sebuah komputer.

Komponen

INPUT

(Keyboard,Mouse,

Scanner)

Komponen

PROSES

(CPU)

Komponen

OUTPUT

(Monitor,Printer)

Dari bagan tersebut di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Komponen Input yaitu alat yang digunakan untuk memasukkan data yang nantinya akan diproses di dalam CPU.
  • Komponen Proses yaitu komponen yang terpenting dari sebuah komputer.
  1. Control unit (CU) yaitu komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer,mulai dari komponen input sampai komponen output.
  2. Arithmetic Logic Unit (ALU) yaitu bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah,mengurangi,dan lain-lain) dan data logika (perbandingan,seleksi,pemindahan,pengurutkan,dan penggabungan).

Perangkat yang berfungsi sebagai unit pengolah/pemroses data yang terdapat dalam kotak CPU adalah motherboard,prosesor,memori,VGA Card,Sound card,dan power supply.

  1. Komponen Penyimpanan yaitu alat yang digunakan sebagai media penyimpan data pada komputer.Komponen ini terbagi menjadi 2 bagian,yaitu :
  1. Random Access Memory (RAM).yaitu media penyimpanan atau meori yang dapat diakses secara acak.
  2. Read Only Memory (ROM) yaitu media penyimpan atau memori yang hanya bisa dibaca saja,tidak dapat diubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer.

Untuk  keperluan tertentu dengan sifat-sifat data tertentu pula,kita memerlukan media penyimpan data agar data tersebut dapat tersimpan dan digunakan kembali.Jika komputer dalam kondisi dimatikan maka data yang diperlukan dapat tersimpan dalam media penyimpan data yaitu disket,hardisk,CD-R,CD-RW,USB Flash Disk.smart card,dan memory card.

4. Komponen Output yaitu komponen atau alat dari sebuah komputer yang berfungsi menampilkan informasi dari proses input dan pengolahan data.

Penggolongan Komputer

  1. Mainframe Yaitu Komputer yang memiliki prosesor dengan kemampuan sangat besar.Hal ini dikarenakan komputer jenis mainframe diperuntukan bagi banyak user.Mainframe menyediakan sedikit waktu dan sebagian meorinya untuk setiap user,kemudian berpindah lagi kepada user lain dan selanjutnya kemnali ke user yang pertama.
  2. Mini Computer Yaitu bentuk mini dari komputer mainframe perbedaannya terletak pada kapasitas terminal yang ditangani.
  3. Personal Compoter (PC) yaitu yang sering disebut komputer pribadi ditujukan untuk satu user dengan satu penggunaan program aplikasi pada suatu saat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s